Menghindari Kontaminasi Pada Makanan di Kulkas atau Frezzer

Kontaminasi makanan pada kulkas

Pelangi Tehnik akan membagikan tips bagaimana menghindari kontaminasi pada makanan atau bahan makanan yang anda simpan di kulkas atau frezzer anda.

Kurangnya pemahaman tentang kontaminasi pada makanan akan sangat merugikan. Terlebih yang akan mengkonsumsi makanan tersebut adalah orang terdekat atau keluarga, berikut Pelangi Tehnik memberikan tips-tips untuk menghindari terjadinya kontaminasi pada makan yang ada di kulkas atau frezzer anda :

 

1.Menghindari Membekukan dan Mencairkan Bahan Makanan Berkali-kali

Maksudnya adalah, apabila anda memiliki daging ayam, sapi atau ikan yang telah dbekukan lalu saat anda memasak hanya memerlukan sedikit dari salah satu daging tersebut, dan yang anda lakukan mencairkan semua daging, setelahnya anda kembali membekukan sisa dari daging tersebut. Hal ini sangatlah tidak di anjurkan, karena selama proses pencairan, bakteri akan mengkontaminasi makanan dalam suhu ruangan dan saat anda membekukan kembali daging tersebut, bakteri-bakteri akan menjadi berevolusi dan semakin berbahaya jika di konsumsi.Dan apabila Setiap kali anda mengulangi proses tersebut maka akan semakin berbahaya.

Baca Juga : Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Cuci 1 Tabung

 

2. Rutin Membersihkan Kulkas atau Freezer

Anda pasti sudah mengerti, mengapa perlu untuk tetap menjaga kebersihan kulkas atau frezzer di rumah anda. Selain untuk menjaga kebersihan, sudah pasti, kulkas atau frezzer yang bersih akan memberikan kesegaran pada bahan makanan atau makanan yang ada di dalamnya. Pentingnya menjaga kebersihan kulkas atau frezzer dengan rutin, yaitu membersihkan bunga-bunga es, hingga membersihkan tumpukan kotoran seperti plastik atau sisa-sisa daging, ikan serta sayuran. Namun jangan sekali-kali membersihkan kulkas dengan menggunakan benda tajam, cara yang terbaik adalah mencabut kelistrikan/colokan agar mesin berhenti beroperasi ­­­­dan isi kulkas akan mencair dengan sendirinya, sehingga lebih mudah untuk di bersihkan.

 

3. Memisahkan Daging atau Ikan dengan Sayuran.

Dengan kulkas atau frezzer yang bersih belum bisa juga di sebut sehat, Kenapa??? Karena kita harus memisahkan antara daging ,ikan atau sayuran di dalam kulkas kita. Memisahkan disini juga bisa berarti mengcover bahan makanan atau makanan sesuai dengan jenisnya, Selain tidak akan mengkontaminasi satu sama lainnya, tips ini juga tidak akan mempengaruhi rasa makanan atau bahan makana tersebut. tips ini bisa di lakukan dengan membungkus makanan atau bahan makanan dengan plastik, dan usahakan saat akan memasukan ke kulkas atau frezzer untuk di bekukan daging atau ikan sebaiknya di keringkan terlebih dahulu, menggunakan tissue atau apapun untuk menghilangkan kadar air yang ada pada daging atau ikan agar daging atau ikan makin awet. dan juga tidak mengotori kulkas atau frezzer, dan untuk sayuran sebaiknya kita wrap dengan plastik wrap dan dilapisi tissue dapur agar sayuran juga semakin awet.

Baca Juga : Perlukah Isi Freon Saat Service AC?

 

Itulah beberapa tips menjaga kontaminasi pada makanan di kulkas atau freezer di rumah anda. Apabila anda mengalami masalah pada kulkas yang tidak dapat anda pahami. Silahkan menghubungi kami sebagai Jasa Service Kulkas Bogor untuk menyelesaikan permasalahan pada kulkas atau freezer di rumah anda.

 

Hubungi :

0878-8028-5368

0812-8961-0586

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *