Perlukah Isi Freon Saat Service Ac?

perlukah isi freon ac?

Seringkali terjadi perdebatan antara teknisi Ac dengan konsumen pada saat service ac mengenai permasalahan isi freon. Maka, kali ini Pelangi Tehnik akan membagikan informasi tentang perlukah isi freon saat service ac?

Freon atau yang biasa disebut Refrigerant adalah cairan/gas yang menyerap panas pada suhu rendah dan menolak panas pada suhu yang lebih tinggi. Sedangkan fungsi pada sistem AC atau air conditioner adalah sebagai zat pendingin yang akan menyerap panas udara yang akan melewati evaporator, sehingga udara yang keluar dari evaporator temperaturnya menjadi dingin lalu ditransfer oleh fan atau kipas pada indoor ke ruangan, sehingga ruangan dimana indoor terpasang akan menjadi lebih dingin.

Freon ac terdiri dari berbagai jenis, namun pada umumnya jenis yang sering digunakan pada Ac saat ini adalah freon R22 , R32 dan R410a. Freon tersebut tidak kompatible satu dengan yang lain, artinya freon tidak boleh dicampur ataupun di ganti dengan tipe lain ketika Freon habis atau dengan alasan apapun.

Baca Juga : Merawat Ac Agar Selalu Dingin Dan Tidak Cepat Bermasalah

Pada dasarnya seluruh jenis ac menggunakan pentilasi atau tempat dimana freon akan diisi, sehingga hal ini memungkinkan freon akan berkurang pada saat digunakan. Namun, freon tidak akan menjadi habis dalam waktu yang relatif singkat terkecuali telah terjadi kebocoran pada saluran pipa atau evaporator ac.

Tidak ada alasan yang kuat, yang dapat dipertanggung-jawabkan apabila ada argument yang mengatakan bahwa freon pada ac tidak akan berkurang apabila tidak terjadi kebocoran. Dengan kata lain, pendapat tersebut menyatakan bahwa freon tidak akan mengalami pengurangan dalam penggunaan nya selama tidak terjadi kebocoran.

Pada kenyataan nya freon bekerja secara berotasi dengan kompresor, sehingga memungkinkan senyawa mengalami perubahan fasa dari cair ke gas (pada menyerap panas) dan kembali ke cair (ketika kompresor mengompresnya). Jadi dalam jangka waktu tertentu sudah sudahpasti freon akan mengalami penyusutan atau pengurangan volume nya.

Namun memang pada dasarnya, Freon tidak akan berkurang secara signifikan dalam waktu yang singkat, apabila tidak mengalami kebocoran. Freon pada ac pasti dan akan berkurang dengan cara bertahap dalam jangka waktu sesuai penggunaanya (Tidak dapat dipastikan).

Masalah Yang Sering Dialami Pada Ac 

Ada beberapa masalah yang dapat dirasakan ketika freon ac anda mengalami kebocoran atau sekedar kekurangan isi freon, sehingga membuat ac bekerja dengan tidak maksimal.

1. Ac Tidak/Kurang Dingin

Ac anda akan terasa kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali apabila terjadi masalah pada freon atau telah menumpuk kotoran.

Sebab dan cara mengatasinya :

  • Freon berkurang

Apabila freon ac anda berkurang dan tidak berada pada PSI yang seharusnya, maka freon dapat diisi kembali dengan menggunakan alat Regulator ke kompresor.

  • Freon habis

Freon akan habis dikarenakan terjadi kebocoran pada pipa atau evaporator, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan penambalan terlebih dahulu di area yang terjadi kebocoran, lalu freon diisi kembali. Namun apabila kebocoran terjadi di area pipa menuju outdoor maka sebaiknya dilakukan pergantian pipa ac yang baru.

  • Ac kotor

Apabila ac anda telah kotor oleh debu yang menumpuk, maka cara yang seharusnya dilakukan adalah dengan dibersihkan secara keseluruhan.

2.  Pipa/Evaporator Ac Membeku (Frozzen)

Ac yang membeku (Frozzen) bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan, seperti pada Filter dryer, kekurangan gas freon/refrigerant, dan kerusakan pada motor fan.

Sebab dan cara mengatasinya:

  • Kekurangan Freon

Apabila Ac anda kekurangan freon, maka Compressor akan kekurangan rotasi gas freon sehingga AC juga bisa menjadi beku (frozzen), karena gas yang dipompa oleh compressor sedikit.

  • Masalah pada filter dryer

Apabila filter dryer ac anda mampet, maka compressor bekerja tidak stabil, dapat menyebabkan compressor overload.

Cara mengetahui filter dryernya mampet dapat dilihat dari pipa katup buang, apabila terasa dingin berarti filter dryer memang benar-benar mampet, sedangkan normalnya pipa katup buang akan terasa panas, panasnya dapat dilihat dari berapa kapasitas compressor tersebut. Apabila filter mampet, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengganti dengan yang baru karena filter tidak akan bisa diperbaiki.

  • Kerusakan Motor Fan

Motor fan yang tidak berfungsi atau mati, menyebabkan pembekuan pada evaporator di indoor. Hal ini dikarenakan tidak ada nya aktifitas kipas pada saat freon berotasi pada evaporator sehingga dingin pada pipa tidak dapat mencair dan membeku. Tentu, hal ini dapat langsung dirasakan oleh pemilik, karna tidak merasakan ada aktifitas fan/kipas pada indoor Ac

Ada beberapa kemungkinan dalam kasus seperti ini, diantaranya adalah kapasitor fan yang telah rusak, macet pada roll fan, kerusakan modul, dsb. Sebaiknya langsung ditangani oleh teknisi yang berkompeten untuk mengatasinya.

Baca Juga : Jasa Service Ac Terbaik Di Kota Bogor Dan Sekitarnya

Itulah beberapa masalah yang akan anda alami ketika ac kekurangan freon. Perlu diingat, apabila ac dibiarkan pada saat kekurangan freon, maka kinerja kompresor akan menjadi lebih berat sehingga menimbulkan panas yang tinggi pada kompresor. Hal ini menyebabkan peningkatan ampere pada kompresor ac yang akan menyebabkan Ac anda rusak/jebol.

Sebaiknya tanyakan dan lihatlah keadaan tekanan freon pada Ac anda dengan Gauge manifold yang digunakan oleh teknisi saat memeriksa freon di outdoor ketika melakukan service ac. Ada baiknya melakukan pengisian freon ac apabila telah merasa cukup lama menggunakannya dan belum mengisi freon dalam waktu yang cukup lama.

Walaupun demikian, menyerahkan peralatan pada ahlinya adalah tindakan yang lebih tepat daripada mencoba membongkar atau memerisa sendiri tanpa mempunyai dasar pengetahuan atas apa yang diatasi. Semoga artikel ini dapat membantu menjawab pertanyaan anda apakah perlu mengisi freon saat service ac?.