Mengenal mesin cuci top loading 1 tabung

Mesin cuci Top Loading atau yang sering kita kenal mesin cuci otomatis 1 tabung merupakan jenis mesin cuci yang lebih praktis dan tentunya mudah dioperasikan dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Tak heran banyak orang kini beralih ke mesin cuci jenis ini. System pengoperasiannya sudah otomatis, artinya pengaturan air, waktu pencucian dan sensor beban yang mendeteksi berat cucian semuanya telah diatur oleh mesin.

Sensor beban merupakan point plus mesin cuci jenis ini karena fitur ini tidak terdapat pada mesin cuci manual atau mesin cuci 2 tabung. Fungsi sensor beban mendeteksi berat pakaian yang dimasukan ke mesin cuci. Apabila beban yang dimasukan melebihi kekuatan kapasitas motor maka secara otomatis mesin akan memberikan sinyal kelebihan beban. Fungsi ini penting sekali karna hampir 70% kerusakan mesin cuci penggunaannya melebihi kapasitas mesin cuci itu sendiri. Misalnya kapasitas mesin cuci 7 Kg, penggunaannya melebihi 7Kg. kekuatan motor mesin cuci 7 Kg kita masuki beban diatas itu, menyebabkan kerja motor dipaksakan dengan kerja yang lebih berat, dan akan mengakibatkan kerusakan pada mesin cuci.

Berikut akan kami jelaskan kelebihan dan kekurangan pada mesin cuci jenis ini :

Kelebihan Mesin Cuci 1 Tabung

1 . Sensor beban

Dengan adanya fitur sensor beban pada mesin cuci 1 tabung, maka akan meminimalkan kerja motor melebihi  kapasitasnya, sehingga motor akan lebih awet dan kerjanya dapat lebih maksimal.

2 . Praktis

System operasi yang otomatis memudahkan anda dalam pemakaian. Anda tinggal masukin pakaian sesuai kapasitas mesin cuci, penambahan detergen secukupnya , menutup pintu dan membuka kran air. Selanjutnya tinggal meneekan tombol power, kemudian start. Secara otomatis mesin cuci akan mendeteksi berat beban pakaian dan menyesuaikan penggunaan air sesuai kebutuhannya. Terdapat klep yang akan menutup air masuk  ketika air sudah terisi. Sehingga air tidak akan meluber walaupun kran dalam kondisi terbuka. Dan akan membuka lagi ketika mesin cuci membutuhkan air untuk proses pembilasan. Kami  sarankan untuk membuka kran selama proses pencucian sampai selesai.  Selanjutnya mesin cuci akan memproses pencucian sampai tahap akhir yakni pengeringan.

Baca Juga : Kesalahan Dalam Menggunakan Mesin Cuci

3 .Hasil pencucian

Jika dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung, hasil cucian mesin cuci 1 tabung lebih bersih. Hal ini dikarenakan tabung berputar kekanan dan kekiri, begitu juga dengan pulsator yang terletak dibawah. Sehingga pakaian akan berputar kekanan,  kekiri, keatas dan kebawah. Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung yang berputar hanya pulsator dibagian bawah. Mengakibatkan pakaian dibagian atas membutuhkan waktu yang lama untuk naik turun.

4 . Hasil pengeringan

System perputaran tabung yang lebih kuat membuat hasil pengeringan 90% lebih kering. Dengan RPM diatas 800.

5 . Hemat penggunaan air

Penggunaan air menyesuaikan banyak  sedikit pakaian. Membuat penggunaan air lebih efektif sesuai kebutuhan. Sehingga pemakaian air lebih irit.

Baca Juga : Service Mesin Cuci Bogor

Kekurangan Mesin Cuci 1 Tabung

1 . Daya listrik lebih besar

Konsumsi daya listrik lebih besar daripada mesin cuci 2 tabung. Memang untuk daya listrik tergantung kapasitas mesin cuci. Semakin besar ukuran mesin cuci semakin besar pula daya listriknya. Namun umunya konsumsi listrik diatas 300W  untuk proses pencucian. Sedangkan untuk proses pengeringan lebih kecil yakni diatas 200W.

2 . Butuh tenaga ekstra untuk perawatan tabung

Sisa pencucian berupa detergen, kotoran dari pakaian akan menempel di tabung. Untuk mesin cuci yang terdapat lubangnya sisa kotoran dan detergen akan masuk kedalam dan menempel. Jika kita jarang  membersihkannya maka akan tumbuh jamur dan buat warna tabung jadi kekuningan. Disinilah peran ekstra kita untuk merawatnya.

3 . Instalasi air harus lancar

Instalasi dari sumber air ke mesin cuci harus lancar. Pengguna harus mempunyai pompa otomatis atau tampungan air ( tandon ). Karena kalau tidak lancar atau tidak mempunyai tandon atau  pompa otomatis kita tidak bisa menggunakannya.

4 . Kerusakan  satu program akan berdampak ke yang lain

Sebagai contoh jika program pencucian terjadi kerusakan, maka program pembilasan dan pengeringan juga umumnya tidak akan berjalan. Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung yang apabila program pencucian rusak, maka kita masih bisa memakai program pengeringan.

5 . Harga lebih mahal

Harga mesin cuci 1 tabung lebih mahal dibandingkan mesin cuci 2 tabung. Tapi semuanya tergantung kapasitas mesin cuci sendiri. Semakin besar ukuran mesin cuci dan banyak fitur serta teknologi terbaru semakin mahal harganya. Kami sarankan jika anda berniat membeli mesin cuci menyesuaikan jumlah keluarga yang ada, serta tentunya fitur terbaru dan teknologi yang canggih jadi pertimbangan anda.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan tentang beberapa kelebihan dan kekurangan mesin cuci 1 tabung top loading.  Semoga dapat menjadi pertimbangan untuk anda dalam memilih jenis mesin cuci yang ingin anda gunakan. Silahkan share artikel ini jika bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *