Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet Digunakan

Tips merawat mesin cuci

Dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini, mesin cuci juga tak kalah berkembang baik, dari segi ragam desain maupun kemampuannya. Teknologi dan kemampuan yang ada saat ini memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan mencuci. Dan dari sekian banyaknya jenis dan merk dari mesin cuci, kita sadari bahwa kegunaannya tetap sama, yakni untuk membersihkan pakaian. Begitu juga dalam hal perawatan yang tidak jauh berbeda antara mesin cuci 1-tabung dengan 2-tabung, hanya segi pengoperasiannyalah yang berbeda.

Kali ini pelangitehnik.com sebagai informasi dunia teknik dan jasa service akan membagikan tips secara umum tentang bagaimana cara merawat mesin cuci agar tetap awet digunakan.

Rusaknya mesin cuci dapat dikarenakan dari cara penempatan, penggunaan dan kurangnya perawatan terhadap mesin cuci. Berikut ini tips yang bisa anda lakukan pada mesin cuci agar tahan lama, dan kami akan menguraikan nya dibawah ini :

Baca Juga : Merawat Ac Agar Selalu Dingin Dan Tidak Cepat Bermasalah

Penempatan Mesin Cuci :

Letakkan mesin cuci pada tempat yang kering (tidak lembab dan tidak terkena cahaya matahari langsung).

Permukaan untuk meletakkan mesin cuci harus datar kalau pun bagian lantai ditambahkan benda agar lebih tinggi (yang terpenting tidak miring dan goyang).

Lihat dimana anda meletakkan mesin cuci (letakkan selang pembuangan air pada permukaan yang datar dan dekat dengan saluran air).

Penggunaan Mesin Cuci :

Menggunakan mesin cuci sudah pasti butuh listrik, dan gunakan stop kontak yang masih bagus (saat jack listrik mesin cuci dicolokkan tidak longgar).

Untuk tegangan listrik pada tiap – tiap tempat pasti berbeda dan gunakan mesin cuci pada tegangan 220volt ac, (gunakan AVR atau Automatic Voltage Regulator, apabila tegangan listrik ditempat tinggal anda dibawah 200volt ac).

Gunakanlah mesin cuci sesuai dengan buku petunjuk pengoperasian atau penggunaan yang terdapat pada saat kita membelinya.

Contoh : Kapasitas maximum mesin cuci 7kg berarti kapasitas 7kg untuk pakaian basah dan kapasitas pakaian keringnya adalah 5kg, (bagi yang tidak memiliki buku petunjuk tersebut anda cukup mengikuti tips yang admin berikan).

Perawatan Mesin Cuci :

Merawat mesin cuci itu mudah, apabila anda sudah benar dalam penempatan dan penggunaan mesin cuci sudah termasuk menjaga mesin cuci jauh dari kerusakan.

Selalu membersihkan mesin cuci dari sisa – sisa detergen yang ada cukup dengan air bersih. (tidak perlu lagi dengan detergen yang ada pengharumnya untuk membersihkan mesin cuci).

Selalu perhatikan jika terdengar ada suara – suara aneh pada saat mesin cuci dioperasikan, air yang selalu surut atau berkurang bahkan sampai habis saat melakukan pencucian (jangan pernah menggantung selang pembuangan saat terjadi hal tersebut).

Catatan :Dalam tahap ini anda harus memanggil tehknisi untuk memeriksa atau memperbaiki mesin cuci anda. Agar mesin cuci tidak mengalami kerusakan yang lebih parah lagi.

Dari semua tips yang admin bagikan dari hal penempatan, penggunaan dan perawatan mesin cuci sudah pasti ada maksud dan tujuannya. Tapi tidak dijelaskan dalam artikel ini, dan tips diatas tadi berlaku umtuk semua jenis mesin cuci (1-tabung dan 2-tabung).

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Kebersihan Kulkas

Sebagai Catatan Penting :

Pada mesin cuci 1 tabung: Usahakan air yang masuk ke tabung mesin cuci dengan tekanan air yang cukup kuat dari sumber keran yang terpasang.

Sedangkan untuk mesin cuci 2 tabung: Jangan mengoperasikan pencuci dan pengering dilakukan secara bersamaan. Ada hal yang terlihat sepele tapi dapat berakibat buruk, yakni memeriksa benda – benda yang tertinggal dipakaian seperti peniti, uang logam dan lain – lain.

Selain Itu Perlu Di Perhatikan Juga Hal-hal berikut ini :

  1. Lindungi kabel dari gigitan tikus. Caranya, tempelkan kabel ke dinding mesin cuci dengan bantuan lakban. Dengan demikian, kabel tidak akan tergenang air di bawah.
  2. Rutin bersihkan area bawah mesin cuci dengan menggesernya sedikit lalu menggosok lantai bawah mesin cuci.
  3. Bersihkan permukaan mesin cuci setelah digunakan. Lap dengan kain bersih dan kering.
  4. Jika tidak digunakan, buka penutup mesin cuci agar tidak tumbuh jamur atau bau tidak sedap di dalam mesin cuci.
  5. Selang air yang rawan jamur harus diberi saringan berupa kain tipis yang diikatkan di ujungnya.
  6. Perhatikan manual pemakaian mesin cuci. Pada mesin cuci saya, setelah tiga kali penggilingan harus beristirahat satu-dua jam.
  7. Perhatikan beratnya cucian sesuai kapasitas mesin cuci.
  8. Segera jemur jika cucian sudah selesai. Pakaian basah (meski bersih) jika dibiarkan dalam mesin cuci bisa tumbuh jamur dan kapang serta menimbulkan bau tidak sedap.
  9. Sebulan sekali, bersihkan area cuci (tabung cuci). Di bagian yang sulit dibersihkan bisa dijangkau dengan air panas 80 derajat dan sabun cuci. Masukkan keduanya seperti mencuci biasa lalu jalankan mesin cuci. Bagian kotor di belakang tabung cuci akan ikut larut. Bilas sampai bersih.
  10. Lima tahun sekali, cek kondisi mesin cuci ke service mesin cuci terdekat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan pada anda, semoga informasi tersebut dapat membantu anda dalam merawat mesin cuci agar awet digunakan. Apabila anda berada di wilayah Bogor kota dan sekitarnya dan saat ini sedang membutuhkan jasa service mesin cuci yang terpercaya dan berpengalaman mengatasi berbagai masalah pada mesin cuci, anda dapat menghubungi kami dengan cara menghubungi nomor yang ada di menu website.