merawat ac

AC yang tidak berisik, dingin tapi tidak membuat menggigil dan kulit kering, menghilangkan bau merupakan hal ideal bagi banyak orang. Nah, bagaimana agar AC Anda awet dan bebas problem hingga 20 tahun?

Berikut adalah tipsnya :

  1. Jangan mensetting suhu di bawah 20 derajat Celsius

Mensetting suhu di bawah 20 derajat akan membuat mesin AC bekerja ekstra terus menerus dan menjadi boros energi. Komponen-komponennya dipaksa bekerja keras setiap saat, dan malah menjadi lebih cepat rusak gan. Ibarat mesin motor, dia gas terus tidak berhenti-henti.

AC adalah pengatur suhu ruangan (air conditioner), bukan pendingin ruangan. Meskipun sebenernya udara yg keluar dari AC hanya udara dingin (bukan panas). Sehingga aturlah suhu AC sesuai suhu ruangan yang terendah, yaitu 21 derajat.

Pilihlah AC yang irit listrik dan efisien, bukan yang sanggup mendinginkan sampai sedingin-dinginnya.

Sebaiknya jangan tidur menggunakan selimut karena selimut akan menaikkan suhu yang sudah didinginkan dari AC. Jadi sebenarnya penggunaan selimut itu justru tidak menghemat listrik. Harusnya dengan suhu stabil di 21 derajat, manusia sudah bisa tidur nyaman.

  1. Tempatkan bagian outdoor pada tempat yang tepat

Ingat, ketika anda menempatkan Outdoor ac, posisi yang tepat adalah dengan memastikan bahwa bagian depan outdoor tidak dihalangi dengan tembok. Pastikan jarak depan outdoor dengan tembok minimal 5 meter. Hal ini dikarenakan apabila ac dalam posisi nyala, fan outdoor akan mengeluarkan udara panas dari kompresor, maka jangan sampai udara tersebut berbalik ke outdoor. Sebaiknya posisi outdoor ditempatkan di daerah terbuka, yang memungkinkan outdoor terkena hujan dan panas matahari, agar outdoor lebih terawat. Posisi yang cocok untuk outdoor ac seperti : Di atas genteng, di depan rumah, di atas dag, dan di daerah terbuka lain nya di sekitar rumah.

  1. Insulasi ruangan yang baik

Banyak faktor yang menyebabkan AC nya tidak dingin, antara lain : banyak bukaan (jendela), salah penempatan indoor, jarak indoor dan outdoor yg terlalu jauh. Selain itu, semakin besar beda suhu target yang diinginkan dengan suhu lingkungan luar, maka semakin berat kerja AC, terlebih jika insulasi kamar tidak bagus.

  1. Perawatan yang teratur 3-6 bulan sekali

Agar ac anda tetap terjaga suhu dan kinerja nya, maka perawatan rutin pun harus dilakukan untuk menjaga kondisi ac agar tetap nyaman digunakan. Hal ini untuk mengatasi apabila ac telah mengalami penumpukan kotoran, kekurangan freon, hingga tersumbatnya selang pembuangan freon. Pilihlah teknisi ac yang berpengalaman dan mampu menangani permasalahan ac dengan baik. Jangan terlalu sering mengganti2 teknisi yang menangani ac anda, karna akan menyebabkan perbedaan penanganan. Berlangganan lah dengan teknisi ac yang benar-benar ahli nya.

 

Itulah beberapa cara agar ac anda tetap terawat dengan baik dan memungkinkan anda untuk lebih lama lagi menggunakan ac tersebut. Saat ini ac merupakan kebutuhan utama untuk rumah tangga, sehingga harus rutin untuk merawatnya.

Kami pelangi tehnik adalah layanan jasa service ac bogor yang telah beroprasi sejak 2008 di wilayah Bogor. Apabila anda berada di wilayah bogor dan membutuhkan jasa teknisi ac untuk merawat ac anda, silahkan hubungi kami. Kami memiliki teknisi ac yang berpengalaman dan ahli mengatasi berbagai macam masalah yang terdapat pada ac.

Telpon :  089698702187 / 081289610586

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *